fbpx

Masih Bingung Mau Launching Produk? Coba Gunakan 5 Cara ini

Saat seseorang memulai bisnis dan memiliki produk baru, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenalkan produk tersebut ke khalayak luas. Tujuannya agar produk tersebut bisa dikenal dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengadakan event khusus launching produk.

Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui cara yang baik dan benar saat melakukan launching produk. Sehingga acara yang seharusnya mampu menarik perhatian banyak orang jadi terlihat tidak menarik. Hal ini akan berpengaruh buruk pada bisnis yang akan dijalankan.

Bagaimana Cara Launching Produk yang Menarik?

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Misalnya menyelenggarakan event khusus, melalui kampanye di media sosial, hingga bekerja sama dengan event organizing agar acara yang diselenggarakan mampu menjangkau audiens di semua lini. 

Namun ada cara-cara lain yang bisa dicoba dengan konsep sederhana. Apa saja? Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini. 

1. Kenali Calon Pelanggan dengan Baik

Hal paling utama yang harus diperhatikan sebelum meluncurkan produk adalah calon pelanggan. Sebab, calon pelanggan ini menjadi alasan utama kenapa produk tersebut harus dikenalkan kepada pelanggan. Tentu harapannya bisa memberi solusi atas permasalahan pelanggan.

Karena itu, mengenali calon pelanggan dengan baik adalah kewajiban utama. Jangan sampai produk yang diluncurkan tidak tertuju pada target sasaran yang seharusnya. 

2. Menyiapkan Strategi Masuk Ke Dalam Pasar

Saat launching sebuah produk, tentu produk tersebut bukanlah satu-satunya yang ada di pasar. Banyak produk serupa yang sudah ada bahkan lebih lama dan sudah memiliki banyak pelanggan. Karena itu, strategi harus disiapkan dengan matang mulai dari cara masuk, bersaing dengan kompetitor, hingga harga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan adalah membuat konten-konten yang relevan, mengikuti tren, dan berbeda dari yang lain. Misalnya konten yang menunjukan perbedaan dengan produk lain, atau konten-konten yang menunjukan kelebihan daripada produk kompetitor.

3. Berikan Testimoni, Demo, Atau Uji Coba Secara Gratis

Biasanya, produk baru yang muncul di pasar akan diragukan oleh calon pelanggan. Tak sedikit pelanggan lebih memilih produk yang sudah lama ada di pasar. Untuk meyakinkan pelanggan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan testimoni.

Testimoni ini bisa didapat dengan banyak cara. Misalnya menjual produk kepada orang terdekat terlebih dulu sebelum launching, lalu meminta testimoni dari mereka. Selain testimoni, berikan juga demo dan uji coba secara cuma kepada pelanggan yang ragu.

4. Siapkan Konten Promosi

Konten promosi menjadi salah satu faktor kesuksesan produk saat melakukan launching. Konten-konten harus dibuat sebelum hingga sesudah launching. Misalnya, konten promosi sebelum launching yaitu memberikan diskon khusus bagi mereka yang melakukan pembelian hari itu. 

Konten setelah launching bisa berupa informasi produk baru, promo di hari-hari tentu dan lain-lain. Untuk menyiapkan konten yang berkualitas, sebaiknya menggunakan jasa digital atau jasa konten yang khusus untuk memproduksi konten media sosial atau iklan.

5. Launching Produk

Setelah semua persiapan selesai, barulah produk bisa diluncurkan dengan tepat sehingga meminimalisir hambatan. Saat agenda ini berjalan, sikap percaya diri menjadi modal utama yang harus disiapkan. Serta pastikan tim marketing bekerja sesuai arahan.

Agar acara peluncuran produk ini semakin menarik dan bisa mendatangkan audiens yang banyak, bekerjasama dengan influencer yang memiliki followers banyak di media sosial bisa menjadi cara cukup ampuh. Akan tetapi, pastikan influencer tersebut memiliki followers yang sesuai dengan target pasar produk.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan agar launching produk menjadi lebih terarah dan mampu menarik banyak audiens. Masih banyak cara lain yang patut dicoba agar agenda launching produk bisa berjalan dengan sukses. Misalnya, mengirimkan informasi ke ribuan orang sekaligus dengan whatsapp atau SMS. Bisa juga menggunakan strategi iklan di media sosial dan Google Ads.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp