fbpx

Strategi Bisnis Ritel untuk Launching Produk Baru

Strategi Bisnis Ritel
Source : Pinterest

Strategi Bisnis Ritel, Menjalankan Strategi bisnis Ritel memang tidak semudah yang dipikirkan dan dikonsepkan. Banyak langkah yang harus ditempuh agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan. Selain itu, salah satu hal yang harus diperhatikan dengan serius adalah produk yang akan dijual.

Produk dengan kualitas baik akan disukai oleh banyak orang. Menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah hal yang harus selalu diperhatikan. Namun, banyak orang lupa pentingnya mengenalkan produk tersebut kepada calon pelanggan. 

Sehingga, produk dengan kualitas baik yang dimiliki bisnis tidak tersampaikan kepada audiens. Karena itulah melakukan launching produk menjadi solusi tepat, khususnya bagi bisnis ritel. Dalam launching produk, strategi yang diterapkan harus lah matang agar mendatangkan calon pelanggan yang potensial.

Bagaimana Strategi Bisnis Ritel untuk Launching Produk Baru?

Setiap bisnis memiliki peluang yang berbeda, begitupun dengan bisnis ritel. Saat akan melakukan kegiatan launching produk, beberapa hal dibawah ini perlu diperhatikan agar kegiatan tersebut tidak berjalan sia-sia. Apa saja? Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Membuat Konsep yang Matang

Konsep event launching harus disiapkan dengan matang agar mampu meminimalisir kekurangan. Konsep yang disiapkan harus bisa menawarkan solusi bagi masyarakat agar mereka tertarik dengan produk yang diluncurkan. Selain itu, dalam perumusan konsep harus melibatkan semua unsur penting yang ada di dalam perusahaan.

Bukan hanya membuat konsep, melakukan riset persaingan dengan produk kompetitor pun harus dilakukan. Riset ini berfungsi untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari produk kompetitor.

2. Menargetkan Audiens

Pemilik bisnis harus bisa menargetkan pelanggan yang ideal agar penjualan produk bisa melesat setelah launching. Mulailah mencari pelanggan yang ideal dan potensial sesuai dengan produk yang akan ditawarkan.

Dengan hadirnya calon pelanggan yang potensial tersebut, tidak menutup kemungkinan produk yang diluncurkan mampu menarik banyak perhatian calon pelanggan setelah event berakhir.

3. Tunjukan Keunggulan dan Value dari Produk

Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pada tahap ini, pemilik bisnis harus bisa menunjukan kelebihan dari produk yang diluncurkan dari produk sebelumnya atau dari produk yang dimiliki oleh kompetitor.

Selain keunggulan produk, pemilik bisnis juga harus memberikan value kepada calon pelanggan agar mereka semakin tertarik dan betah dengan produk yang ditawarkan.

4. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan, mulai dari strategi offline atau online. Strategi offline bisa berupa menjadi sponsor dalam acara-acara tertentu, memasang baliho, billboard dan lain-lain. Sedangkan strategi online bisa berupa iklan di media sosial, konten menarik, dan lain-lain.

Strategi apapun harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Dengan promosi yang masif, produk baru yang diluncurkan bisa dikenal dengan mudah oleh audiens. Selain produk, event launching pun harus diinformasikan kepada audiens agar mereka mengetahuinya.

5. Lakukan Uji Coba

Sebelum melaksanakan agenda launching, lakukanlah uji coba terlebih dahulu agar pemilik bisnis mengetahui kekurangan dan kelemahan baik dari sisi produk maupun konsep acara.

Setelah semua siap, launching produk baru bisa dilakukan. Uji coba ini mampu meminimalisir kesalahan saat melaksanakan kegiatan launching produk. Dengan sedikit kesalahan, tidak menutup kemungkinan banyak calon pelanggan potensial melirik produk yang dijual.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk bisnis ritel melakukan launching produk baru agar mampu menarik banyak perhatian, khususnya untuk pelanggan potensial. Selain cara-cara diatas, masih banyak cara lain yang bisa digunakan dalam menerapkan strategi launching produk yang sukses. 

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp