fbpx

5 Cara Meningkatkan Pengunjung di Toko Offline

Hadirnya bermacam platform penjualan seperti e-commerce sering dianggap sebagai ancaman oleh pemilik toko online seperti ritel. Sebagian toko offline ada yang takut kehilangan pengunjung karena cukup banyak pelanggan melakukan aktivitas jual beli secara online baik melalui media sosial ataupun marketplace.

Bagaimana Cara Meningkatkan Pengunjung di Toko Offline?

Meski demikian, saat ini tren bisnis sudah mulai berubah. Tidak sedikit pelanggan yang sudah mulai bosan melakukan aktivitas secara online termasuk belanja. Peluang ini harus disambut baik oleh pemilik toko offline untuk menarik pengunjung datang ke toko.

Bagaimana caranya? Simak penjelasan lebih lanjut pada artikel di bawah ini ya.

  1. Desain Toko Menjadi Unik dan Menarik

Desain toko yang unik, menarik, dan estetik akan sangat membantu menarik pelanggan datang ke toko secara langsung. Desain ini tak harus selalu layout toko, pernak-pernik, atau lukisan-lukisan art di dalam toko. Namun, bisa juga berbentuk cara pelayanan kepada pelanggan yang datang.

Misalnya, menyambut pelanggan dengan senyum, mengucapkan selamat datang, komunikatif dan lain sebagainya. Hal seperti ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab kenyamanan pelanggan di toko bisa menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga pelanggan tidak akan kapok untuk datang terus ke toko tersebut.

  1. Melibatkan Karyawan untuk Menghidupkan Suasana Toko

Suasana toko yang hidup akan membawa pelanggan menjadi betah berada di toko tersebut. Dalam menghidupkan suasana, semua karyawan harus diajak terlibat di dalamnya. Namun, konsep serta rencana harus disusun matang terlebih dahulu agar tidak terkesan asal-asalan.

Karyawan yang aktif bisa menjadikan pelanggan lebih rileks dan nyaman. Misalnya menjawab pertanyaan dengan cepat, memberikan solusi atas permasalahan pelanggan, atau menawarkan rekomendasi terbaik produk kepada pelanggan.

  1. Gabungkan Strategi Offline dan Online

Meski tren sudah berubah, tapi tidak sedikit pelanggan yang senang melakukan aktivitas belanja secara online. Karena itu, untuk menjaga loyalitas pelanggan, strategi online harus dilaksanakan agar pelanggan bisa mendapatkan kemudahaan.

Sebab, setiap pelanggan memiliki waktu yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang memiliki waktu banyak untuk datang ke toko, ada juga yang terbatas waktunya tapi tertarik dengan produk yang dimiliki oleh toko. Maka solusi paling tepat adalah menerapkan strategi online baik itu di marketplace atau lewat sosial media.

  1. Berikan Promo Langsung di Toko

Strategi ini terbilang cukup berhasil untuk menarik pelanggan datang ke toko secara langsung. Misalnya, berikan diskon di momen-momen atau hari-hari tertentu agar pelanggan mau datang ke toko.

Selain itu, strategi ini juga bisa menarik pelanggan baru ke toko tersebut. Saat pelanggan merasa puas dengan pelayanan dan produk toko, tidak menutup kemungkinan mereka akan datang lagi dan membeli produk tersebut.

  1. Gunakan Strategi Digital

Strategi digital bisa membuat toko menjadi lebih hidup. Selain mengenalkan toko ke audiens yang lebih luas, strategi ini akan sangat membantu untuk mendapatkan perhatian pelanggan.

Strategi ini bisa dimulai dengan mengelola media sosial menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan audiens, melalui konten-konten yang interaktif. Atau mulai memasang iklan dengan google ads agar audiens mengetahui informasi seputar produk yang ditawarkan, serta diskon-diskon yang sedang berjalan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung di toko offline agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Meski demikian, strategi marketing baik online maupun offline harus dijalankan secara bersamaan. Sebab, keduanya memiliki peran sangat penting untuk pertumbuhan suatu bisnis.

Jadi, sudah siap untuk mendapatkan profit yang berlipat dengan gabungan strategi ini?

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp