fbpx

Influencer untuk Strategi Marketing!

influencer marketing

Influencer

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dalam kehidupan, tak terkecuali pada sektor bisnis. Saat ini, banyak bisnis yang sudah beralih menggunakan strategi pemasaran digital. Banyak pilihan yang bisa digunakan oleh para pemilik usaha, seperti media sosial marketing, viral marketing hingga influencer marketing.

Namun, sebelum menentukan strategi apa yang cocok digunakan, pemilik usaha harus melihat peluang strategi yang memungkinkan dan bisa mencapai target perusahaan. Salah satu strategi yang bisa digunakan oleh segala jenis bisnis adalah influencer marketing.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran menggunakan jasa orang berpengaruh di media sosial untuk menawarkan produk/jasa yang kita miliki melalui media sosial mereka. Influencer ini bisa artis, atlet, atau selebgram yang memiliki follower banyak.

Karena itu, sebelum menerapkan strategi ini anda harus memperhatikan cara-cara berikut agar strategi influencer marketing tidak menjadi sia-sia.

Apa saja? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini

1. Kenali Target Audiens dengan Teliti

Target audiens bisnis menjadi elemen penting yang harus diperhatikan dalam penerapan strategi ini. Sebab, target bisnis harus sesuai dengan target yang akan diajak kerjasama. Mulai dari karakter follower influencer tersebut hingga seberapa besar pengaruh influencer pada followernya.

Misal, anda memiliki bisnis makanan ringan dengan berbagai macam varian menu. Maka yang harus anda pilih adalah mereka yang biasa membuat konten-konten makanan atau mereka yang memiliki engagement tinggi dengan followernya, seperti klik, komen dan lain-lain.

2. Tentukan Tujuan Pemasaran dari Awal

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari pemasaran tersebut. Apakah pemasarannya itu bertujuan untuk meningkatkan followers, memperbanyak penjualan, atau kunjungan ke website.

3. Jangan Salah Pilih Media Sosial

Banyaknya media sosial memberikan peluang bagus untuk strategi marketing. Akan tetapi, anda harus menentukan media sosial yang tepat dan sesuai dengan produk/layanan yang anda miliki. Karena hal itu akan berdampak pada pemilihan influencer.

Misalnya, anda menjual pakaian bayi di Instagram. Tapi, yang anda ajak kerjasama adalah selebgram dari Tiktok. Jelas target audiensnya kurang relevan. 

4. Siapkan Anggaran Untuk Kampanye

Anggaran menjadi poin penting yang harus disiapkan sebelum melakukan campaign. Sebab, anggaran harus menyesuaikan dengan target influencer yang ingin digunakan. Karena itu, dalam memilih influencer pastikan anda sudah menentukan budget terlebih dahulu.

5. Lakukan Evaluasi dengan Konsisten

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah evaluasi secara konsisten pada bisnis. Dengan evaluasi, anda bisa mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan sebuah strategi marketing sehingga mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara agar penggunaan strategi marketing bisa berjalan lebih efektif. Masih banyak strategi pemasaran lain yang mampu membawa bisnis anda berkembang dengan pesat dan mendapatkan keuntungan berlipat. Misalnya, whatsapp blast, SMS, email marketing, digital marketing dan lain sebagainya.

Karena itu, sudah saatnya sebuah bisnis melakukan pemasaran dengan memaksimalkan internet dan media sosial. K1NG Corp dengan berbagai layanannya siap membantu bisnis anda ke puncak tertinggi.

Mau tahu seputar layanan K1NG? Yuk, hubungi tim kami langsung ya!

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp