fbpx

5 Cara Ini Bikin Jualan Laris di Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain berfungsi sebagai media komunikasi dan berjejaring dengan banyak orang, Instagram juga menjadi channel marketing yang sangat menjanjikan, dengan catatan mengetahui bagaimana cara mengoptimalkannya secara maksimal.

Banyak bisnis online yang belum berani melakukan explore marketing ke berbagai sektor dan hanya mengandalkan e-commerce saja. Padahal, media sosial seperti Instagram menjadi tempat yang sangat potensial untuk kegiatan marketing. Namun, sebelum berjualan di Instagram, kamu perlu mengetahui bagaimana cara-cara paling ampuh agar kegiatan marketing berjalan dengan optimal.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan Instagram agar penjualan semakin maksimal? Berikut ini adalah lima cara yang bisa bikin jualan kamu makin laris dengan menggunakan Instagram.

1. Manfaatkan Fitur-Fitur Menarik di Instagram

Instagram memiliki banyak fitur yang sangat menarik untuk bisnis dan bisa menunjang kegiatan marketing. Misalnya, fitur iklan, Q&A, Polling, dan masih banyak fitur lain yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis online. Hal ini akan membantu kegiatan marketing menjadi lebih lancar dan tertarget dengan tepat sasaran.

Misalnya bisnis akan meluncurkan produk terbaru, untuk mengetahui berapa banyak audiens yang tertarik, fitur polling bisa menjadi pilihan tepat. Bisa juga menggunakan fitur iklan Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan tepat sasaran.

2. Balas Komentar & Direct Message dengan Fast Respon

Sebenarnya promosi melalui Instagram banyak mendatangkan keuntungan dan kemudahan bagi pemilik bisnis. Misalnya kemudahan berinteraksi melalui kolom komentar atau pesan langsung. 

Fast respon menjadi salah satu kunci penting jualan di Instagram, meski audiens belum tentu melakukan pembelian, namun sikap fast respon bisa memberi kesan dan pengalaman baik bagi pelanggan. 

Begitu Pula sebaliknya, jika komunikasi audiens tidak dibalas dengan cepat, tidak menutup kemungkinan audiens akan meninggalkan produk kita.

3. Waktu Post Konten di Instagram

Tidak semua pengguna Instagram memiliki waktu yang sama saat melakukan aktivitas di media sosial. Meski demikian, ada beberapa waktu yang bisa terbilang cukup potensial untuk post konten dengan jangkauan luas. 

Karena itu, pemilik bisnis harus melakukan survey terlebih dulu agar post konten jualan di Instagram tidak dianggap spam oleh audiens. Survey bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan polling, post di waktu-waktu tertentu, dan lain-lain.

Siapkan Konten yang Menarik

Salah satu kunci jualan sukses di Instagram adalah suguhan konten yang menarik dan unik. Ketika menggunakan konten sebagai alat untuk jualan, tentu harus menyuguhkan konten yang relevan dan related dengan keadaan audiens.

Bisa juga konten yang menyentuh sisi emosional audiens dan produk yang ditawarkan menjadi solusi atas permasalahan yang dimiliki audiens.

Menggunakan Kata-Kata yang Menarik 

Ini yang sangat jarang diperhatikan saat melakukan aktivitas jualan lewat Instagram. Teknik copywriting harus dikuasai oleh pemilik bisnis atau ada tim yang menghandle agar kegiatan promosi semakin maksimal.

Jika Kata-kata yang ditampilkan dalam konten Instagram ataupun caption itu menarik, hal ini bisa mencuri perhatian audiens cukup besar. Misalnya kata-kata yang nyeleneh, emosional, menggugah, atau konten meme yang sedang viral.

Kesimpulan

Itulah lima cara yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis untuk melakukan kegiatan marketing di Instagram. Poin-poin dalam penjelasan di atas sangat penting untuk dipelajari oleh pemilik bisnis yang ingin mendapatkan penghasilan berlipat dengan Instagram.

Namun, dalam proses mengelola Instagram mulai dari konten, copywriting, desain dan lain-lain masih banyak orang yang belum bisa mengoptimalkannya dengan baik. Karena itu, Digital strategist K1NG bisa menjadi solusi terbaik untuk tumbuh kembang bisnis kamu.

Kamu akan dapatkan kemudahaan saat menggunakan layanan digital strategist, apa saja? Yuk, tanya informasi lebih lanjut!

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp