fbpx

Pengertian Chatbot serta Manfaat Bagi Bisnis dan Perusahaan!

Konsep chatbot pertama kali muncul pada tahun 1950-an, di mana diciptakan sebuah program komputer yang disebut ELIZA. ELIZA dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang telah diprogram, tetapi tidak dapat memahami konteks dari pertanyaan yang diajukan.

Kemudian, pada tahun 1966, diciptakan program komputer lain yang disebut PARRY, yang mampu memahami konteks dari pertanyaan yang diajukan dan menjawabnya dengan lebih tepat.

Pada tahun 1990-an, teknologi chatbot mulai berkembang dengan pesat, dan sejak saat itu, banyak perusahaan dan organisasi mulai menggunakan chatbot untuk berbagai tujuan, termasuk untuk keperluan marketing.

Sebuah perumpaan yang dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana chatbot dapat membantu perusahaan dalam melayani pelanggan adalah sebagai berikut:

“Sebagai seorang pelayan di sebuah restoran, chatbot adalah seperti pelayan yang selalu tersedia untuk menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan.
Tidak seperti pelayan manusia, chatbot tidak akan pernah lelah atau kehabisan waktu, dan selalu siap untuk membantu pelanggan dengan cepat dan tepat waktu.”

Dengan menggunakan chatbot, perusahaan dapat memastikan bahwa pelanggan selalu mendapatkan bantuan yang dibutuhkan, bahkan jika tidak ada staf manusia yang tersedia untuk membantu.untuk itu di era digital kini, seharusnya seorang individu sudah sangat bisa mengelola bisnis secara mandiri bukan ?

mari kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu ChatBot ?

whatsapp chatbot adalah

Chatbot adalah sebuah program yang dapat mengirim dan menerima pesan-pesan teks dari pengguna, kemudian menggunakan teknologi pemrosesan natural language untuk memahami apa yang dikatakan pengguna dan menanggapi dengan pertanyaan yang sesuai atau informasi yang relevan.Tujuan utama dari chatbot adalah untuk memudahkan interaksi antara pengguna dan sistem, dan membantu pengguna untuk menemukan informasi atau menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih cepat dan mudah.

Fungsi Chatbot

Ada banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh chatbot, tergantung pada bagaimana chatbot tersebut dibuat dan digunakan. Beberapa fungsi umum dari chatbot adalah sebagai berikut:

1.Menjawab pertanyaan: Chatbot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna, seperti informasi tentang produk atau layanan, jam operasional, lokasi, dan sebagainya.

2.Membantu pengguna menemukan informasi: Chatbot dapat membantu pengguna untuk menemukan informasi yang mereka cari, dengan menggunakan teknologi pemrosesan natural language yang canggih untuk memahami apa yang dicari pengguna dan menyarankan informasi yang relevan.

3.Mempermudah proses transaksi: Chatbot dapat digunakan untuk mempermudah proses transaksi, seperti pemesanan produk atau layanan, pembayaran, dan sebagainya.

4.Menghemat waktu dan tenaga: Chatbot dapat membantu mengurangi beban kerja manusia, karena dapat menangani banyak pertanyaan dan permintaan secara otomatis, sehingga manusia dapat menghemat waktu dan tenaga untuk menangani pertanyaan dan permintaan yang lebih kompleks.

5.Mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan: Chatbot dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, karena dapat memberikan tanggapan cepat dan tepat, serta membantu pelanggan untuk menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih mudah.

Bagaimana cara kerja ChatBot ?

Cara kerja chatbot biasanya melibatkan beberapa tahap, seperti pemrosesan natural language, machine learning, dan integrasi dengan sistem lain. Berikut ini adalah cara kerja chatbot secara garis besar:

1.Menerima pesan teks dari pengguna: Chatbot akan menerima pesan teks dari pengguna melalui platform chat atau aplikasi yang digunakan.

2.Memahami apa yang dikatakan pengguna: Setelah menerima pesan dari pengguna, chatbot akan menggunakan teknologi pemrosesan natural language untuk memahami apa yang dikatakan pengguna, dan mencari tahu apa yang dimaksud dengan pesan tersebut.

3.Menentukan tanggapan yang sesuai: Setelah memahami apa yang dikatakan pengguna, chatbot akan menentukan tanggapan yang sesuai dengan pesan tersebut,

dengan membandingkan pesan tersebut dengan kumpulan pertanyaan dan jawaban yang telah disiapkan sebelumnya.

4.Mengirim tanggapan kepada pengguna: Setelah menentukan tanggapan yang sesuai, chatbot akan mengirimkan tanggapan tersebut kepada pengguna melalui platform chat atau aplikasi yang digunakan.

5.Melakukan pembelajaran terhadap pesan baru: Selain mengirimkan tanggapan kepada pengguna,

Chatbot juga akan melakukan pembelajaran terhadap pesan-pesan baru yang diterimanya, dengan memperbarui kumpulan pertanyaan dan jawaban yang tersimpan di dalamnya. Dengan demikian, chatbot dapat menjadi lebih akurat dalam menanggapi pertanyaan pengguna di masa yang akan datang.

Cara membuat ChatBot ?

untuk membuat sebuah chatbot, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama tentukan tujuan dan fungsi dari chatbot yang akan dibuat. Hal ini penting untuk memastikan bahwa chatbot yang akan dibuat benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Lalu pilih platform atau aplikasi yang akan digunakan untuk membuat chatbot. Ada banyak platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat chatbot, seperti Dialogflow, Botpress, dan lain-lain. Pilihlah platform atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

BACA JUGA!

Beberapa Manfaat Menerapkan Whatsapp Auto Reply Pada Bisnis!

Langkah selanjutnya buat skenario interaksi yang akan dilakukan oleh chatbot. Buatlah skenario interaksi yang jelas dan detail, agar chatbot dapat menanggapi pertanyaan pengguna dengan benar dan tepat.

Setelah itu buat kumpulan pertanyaan dan jawaban yang akan digunakan oleh chatbot. Buatlah kumpulan pertanyaan dan jawaban yang lengkap dan akurat, agar chatbot dapat menanggapi pertanyaan pengguna dengan benar dan tepat.

Kemudian uji chatbot yang telah dibuat. Setelah chatbot selesai dibuat,

lakukan uji coba terhadap chatbot tersebut untuk memastikan bahwa chatbot dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.

Terakhir publikasikan chatbot yang telah selesai dibuat. Setelah chatbot lulus uji coba dan siap digunakan,

publikasikan chatbot tersebut melalui platform atau aplikasi yang telah dipilih sebelumnya, agar dapat digunakan oleh pengguna.

Banyak perusahaan yang telah menggunakan chatbot untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan menyediakan layanan yang lebih baik.
Beberapa contoh perusahaan yang telah menggunakan chatbot adalah sebagai berikut:

Perusahaan & Bisnis yang Telah Menggunakan Chatbot

AirAsia: AirAsia menggunakan chatbot bernama AVA (AirAsia Virtual Allstar) untuk membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang penerbangan, harga tiket, dan lain-lain.

BCA (Bank Central Asia): BCA menggunakan chatbot bernama Clara untuk membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang produk dan layanan perbankan, serta melakukan transaksi-transaksi perbankan secara online.

Gojek: Gojek menggunakan chatbot bernama GO-JEK Assistant untuk membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang layanan ojek online, harga layanan, dan lain-lain.

Tokopedia: Tokopedia menggunakan chatbot bernama Tessa untuk membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang produk-produk yang dijual di Tokopedia, serta melakukan transaksi pembelian secara online.

XL Axiata: XL Axiata menggunakan chatbot bernama XL Eksis untuk membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang produk dan layanan telekomunikasi, serta melakukan transaksi-transaksi seperti pembelian paket data dan lain-lain.

dan masih banyak lagi Perusahaan yang sudah menerapkan strategi pelayanan pelanggan melalui chatbot.

WhatsApp chatbot

Penggunaan chatbot di aplikasi WhatsApp dapat menjadi strategi marketing yang efektif.

karena chatbot dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membantu dalam menyediakan informasi yang relevan kepada pelanggan secara cepat dan efisien.

Dengan menggunakan chatbot, perusahaan dapat memantau interaksi pelanggan dan mengumpulkan data yang berguna untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Selain itu, chatbot juga dapat membantu meningkatkan tingkat responsifitas perusahaan terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan.

Makanya K1NG hadir dengan #K1NGBerikanKemudahan.

apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda? Coba gunakan WhatsApp Chatbot dari K1ng!

Dengan WhatsApp Chatbot, pelanggan Anda dapat mengajukan pertanyaan atau mengajukan permintaan bantuan melalui aplikasi WhatsApp yang sudah sangat familiar bagi mereka.

WhatsApp Chatbot dari K1ng juga dapat melayani pelanggan Anda 24 jam non-stop, menangani banyak permintaan pelanggan secara bersamaan, dan menyediakan informasi yang akurat dan up-to-date tentang produk atau layanan perusahaan Anda. Selain itu, WhatsApp Chatbot dari K1ng juga dapat menyediakan layanan personalisasi berdasarkan data pelanggan yang tersimpan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo gunakan WhatsApp Chatbot dari K1ng sekarang juga dan rasakan manfaatnya untuk perusahaan Anda! GRATIS

Temukan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan melalui chatbot kami! Dengan chatbot kami, Anda dapat mengakses informasi yang Anda butuhkan, melakukan transaksi, dan berkomunikasi dengan tim layanan kami dengan mudah. Ayo gunakan chatbot kami sekarang juga dan rasakan manfaatnya

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp