fbpx

Cara Mengembangkan Bisnis UMKM di Era Digital

Dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin canggih, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis UMKM. Karena itu, para pemilik bisnis UMKM saat ini harus mencoba menerapkan strategi digital untuk melakukan pemasaran.

Strategi marketing yang biasa saja mungkin tidak akan efektif di era saat ini, anda perlu melakukan inovasi untuk bisnis UMKM yang anda miliki. Lalu, bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis tersebut di tengah persaingan digital saat ini? Berikut 7 cara yang bisa anda lakukan agar bisnis UMKM semakin berkembang di era digital.

1. Buatlah Konsep Strategi Digital Marketing

Di era serba digital saat ini, marketing dengan strategi digital adalah langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Sebelum menerapkan strategi digital marketing, anda harus membuat konsep strategi yang matang, serta membangun infrastruktur digital pada bisnis.

Anda harus menentukan tujuan dari bisnis yang anda miliki, goals yang ingin dicapai, serta membentuk tim atau departemen khusus untuk digital. Setelah itu, anda harus menjelaskan dan membagi jobdesk dari setiap departemen agar bisa membantu bisnis anda mencapai target dan goals yang telah ditentukan.

2. Cobalah Bergabung dengan Marketplace

Saat ini, banyak sekali marketplace yang bisa membantu bisnis UMKM. Anda bisa bergabung dengan marketplace tersebut untuk memasarkan produk agar mendapat jangkauan pelanggan lebih luas.

Namun, sebelum bergabung dengan marketplace tersebut, lakukanlah riset terlebih dahulu marketplace mana yang lebih cocok dengan produk yang anda miliki. 

Bergabung dengan marketplace besar bisa membangun peluang besar untuk produk yang anda miliki. 

3. Tingkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk sangat berpengaruh untuk meningkatkan bisnis di era digital saat ini. Jadi, pastikanlah produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas terbaik agar pelanggan merasa puas dengan produk tersebut.

4. Kuatkan Brand

Selain meningkatkan kualitas, brand yang kuat menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan bisnis UMKM. Karena itu, buatkan brand anda menjadi kuat dengan memanfaatkan media sosial, website, dan platform lain yang mampu membantu meningkatkan brand.

5. Buatlah Konten Marketing yang Menarik dan Berkualitas

Selain meningkatkan kualitas dan menguatkan brand, anda juga harus membuat konten-konten yang menarik dan berkualitas. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk menarik perhatian audiens, apalagi jika konten tersebut sesuai dengan kebutuhan audiens.

Pastikan juga konten marketing yang dibuat sesuai dengan produk yang anda miliki.

6. Kenali Kompetitor Bisnis

Hal ini tidak kalah penting dalam meningkatkan bisnis UMKM di era digital saat ini. Anda harus mengenal siapa saja yang menjadi kompetitor, mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Hal tersebut bisa membantu anda untuk menawarkan keunggulan produk dan memberikan value yang berbeda dari kompetitor untuk audiens.

7. Lakukan Evaluasi Setiap Saat

Bisa dikatakan, dunia digitall sangat cepat berubah. Anda harus melakukan evaluasi setiap saat agar bisa terus beradaptasi dan berinovasi, serta mempertahankan bisnis yang anda miliki di era digital.

Itulah beberapa cara untuk mengembangkan bisnis UMKM di era digital saat ini. Selain itu, anda juga harus bisa terus menjaga engagement dan loyalitas para pelanggan yang telah menggunakan produk yang anda miliki. 

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp