fbpx

Apa itu Pemasaran 4P? Bagaimana Cara Menerapkannya?

Banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan dalam bisnis, salah satunya adalah strategi pemasaran 4P. Artinya, strategi ini menggunakan empat konsep yang mencakup product, price, place dan promotion. Strategi ini dikenal dengan strategi mix 4P atau Pemasaran 4P.

Mulanya strategi ini dipromosikan dan dikenalkan oleh Neil Borden. Melalui strategi tersebut, ia ingin menunjukkan bahwa perusahaan mampu melibatkan konsumen dalam sebuah strategi pemasaran. 

Kemunculan strategi pemasaran 4P saat pertama kali menuai respon yang cukup bagus dan mampu mengembangkan sebuah bisnis. Hingga pada akhirnya strategi ini disempurnakan kembali oleh beberapa ahli seperti E. Jerome McCarthy, professor pemasaran dari Michigan state university.

Strategi pemasaran 4P kemudian berkembang dan banyak digunakan oleh perusahaan. Bahkan, strategi ini juga sering dijadikan kunci oleh perusahaan untuk keberhasilan bisnis mereka.

Hal ini menjadi keinginan pelanggan dimana layanan atau produk itu bisa memenuhi kebutuhan mereka. bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan hingga mengerti apa yang dirasakan oleh pelanggan pada produk dan layanan itu.

Elemen-Elemen Penting dalam Pemasaran 4P

Ada beberapa elemen penting yang menjadi kunci suksesnya penerapan strategi pemasaran 4P. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Product

Produk menjadi elemen penting dalam kegiatan pemasaran mulai dari kualitas, keunikan, hingga penyesuaian produk tersebut apakah sesuai keinginan dan kebutuhan para pelanggan atau tidak. 

Jika produk yang ditawarkan tidak memiliki kelebihan atau keunikan tersendiri, maka akan cukup sulit bersaing dan laku dipasaran.

Price

Harga menjadi elemen penting selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum memasarkan produk yang dimiliki perusahaan. Namun, sebelum menetapkan harga yang sesuai di pasar dan ekspektasi pelanggan, lebih baik melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga harga yang diterapkan mampu bersaing di pasar dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

Place

Pastikan bisnis yang dimiliki memiliki tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan. Karena hal itu dapat mempengaruhi penjualan pada produk atau layanan bisnis. Pastikan juga lokasi tersebut sesuai dengan target dan jenis bisnis yang dimiliki untuk memudahkan pelanggan.

Promotion

Jika sudah melakukan tahapan di atas, maka langkah kunci selanjutnya adalah melakukan promosi. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan produk dan memberi tahu kenapa pelanggan harus membelinya.

Banyak cara untuk melakukan promosi, misalnya melalui media sosial, internet, SMS, Email Marketing, dan lain sebagainya. Dengan cara itu, bisnis tersebut bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan traffic penjualan.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Reguler

SMS LBA (Location Based Advertising)

WhatsApp Marketing Interactive

Digital Marketing Service

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp