fbpx

Cara Melakukan Email List/List Building

Ketika kamu mau melaksanakan proses kampanye brand menggunakan email marketing, kamu harus memiliki data-data audiens yang menjadi target. Sehingga proses pemasaran tersebut bisa berjalan efektif dan menarik banyak pelanggan baru.

Secara umum, list building memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data dari target calon konsumen. Biasanya, data-data itu berisi kelengkapan diri seseorang dalam sebuah form. Tentu hal ini sangat menguntungkan, sebab kamu bisa mendapatkan alamat email, nama lengkap, nomor telepon, hingga alamat rumah calon konsumen.

Sedangkan list building sendiri memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi penting tentang suatu produk atau layanan usaha/bisnis yang kamu miliki. Karena hal itu, cara ini terbilang cukup efektif untuk strategi pemasaran.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat email list

Siapkan Harga Menarik

Para pengunjung website yang telah menjadi subscribe email, mereka akan memberikan data pentingnya seperti email dan nama. Tentu saja hal itu dilakukan tidak secara cuma-cuma, ada hal lain yang mereka harus bisa menerimanya.

Karena itu, siapkan dan berikan penawaran harga yang menarik untuk mereka sebagai benefit lain karena telah memberikan data pentingnya. Anda bisa memberikan penawaran seperti e-book gratis, diskon khusus, atau penawaran lain yang menarik. 

Buatlah Call To Action yang Variatif

CTA atau Call To Action merupakan tombol yang mendorong para pengunjung website untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bagi pemilik website tersebut. 

Setiap tempat memiliki bentuk CTA berbeda. Karena hal itu, CTA yang disiapkan harus sesuai dengan keadaan dan tampilan yang dimiliki sehingga tidak membuat para pengunjung terganggu.

Buat Kalimat Call To Action yang Unik

Anda harus membuat teks CTA yang menarik dan tidak membosankan, sehingga para pengunjung website tidak mau melewatkan penawaran yang anda berikan.

Sebelum menyusun teks CTA, terlebih dahulu anda klasifikasikan pengunjung website agar CTA yang dibuat bisa mencapai target sasaran. Misalnya, jika target anda adalah anak-anak muda, maka gunakanlah bahasa gaul atau kekinian.

Akan tetapi, jika targetnya adalah orang yang sudah berusia tidak muda, maka kamu harus menyesuaikan kalimat CTA tersebut supaya lebih mudah dimengerti.

Buat Form yang Singkat

Jangan biarkan subscribe email anda mengisi form yang terlalu panjang. Buatlah Form yang singkat dengan data-data penting yang diperlukan oleh anda. Karena para pengunjung lebih menyukai hal yang to the point tanpa harus bertele-tele.

Tampilkan Testimoni

Jika email anda masih belum memiliki banyak subscriber, maka perbanyak testimoni yang ditampilkan agar menarik pelanggan dan calon pelanggan. Anda juga harus menampilkan kelebihan-kelebihan lain dari website yang anda miliki agar para pengunjung semakin tertarik.

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan list building agar strategi promosi yang anda lakukan tepat sasaran. Cara-cara di atas dapat membantu anda mendapatkan email yang aktif dari para pengunjung, sehingga anda bisa semakin menjangkau lebih banyak audiens.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp