fbpx

Email Marketing vs Whatsapp Marketing, Mana yang Lebih Jitu?

Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu para pebisnis untuk mengembangkan usahanya, terutama saat melakukan kegiatan pemasaran. 

Hadirnya berbagai macam platform untuk melakukan kampanye bisnis tentu memudahkan pemilik bisnis mengenalkan brand dan melakukan promosi. Media yang cukup populer dan sering digunakan untuk kegiatan promosi adalah email marketing dan whatsapp marketing.

Kedua media ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang pula kedua strategi ini sering diterapkan dalam kegiatan bisnis. Lalu, manakah yang lebih jitu untuk kegiatan marketing?

Berikut penjelasannya

Kelebihan dan Kekurangan Email Marketing

Banyaknya pengguna email menjadi peluang tersendiri bagi pemilik bisnis untuk melakukan promosi melalui email. Bisa dikatakan, hampir setiap orang saat ini memiliki email pribadi yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Email marketing memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh marketer dengan melakukan design email yang menarik. Selain itu, pesan yang masuk ke akun email pribadi seolah menimbulkan kesan yang bersifat personal. Marketer juga bisa menambahkan attachment penting di dalam email marketing.

Namun, tak jarang email yang dikirim masuk pada folder spam sehingga pemilik email menyangka jika pesan tersebut tidaklah penting.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Marketing

Dengan miliaran pengguna whatsapp saat ini menjadikan komunikasi lebih mudah terutama dalam urusan bisnis dan melakukan promosi. Whatsapp bisnis bisa memberikan banyak kemudahan terutama dengan fitur-fitur menarik yang disediakan.

Misalnya fitur pesan otomatis, katalog, serta fitur lain yang mampu menunjang kebutuhan kegiatan bisnis. Dengan whatsapp marketing, pemilik bisnis bisa membangun hubungan yang lebih dekat, sehingga mampu meningkatkan loyalitas para pelanggan.

Selain itu, fitur pesan otomatis di whatsapp bisnis juga bisa merespon dengan cepat pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan. Dengan cara itu, bisnis anda seolah-olah memiliki layanan 24 jam non stop.

Namun, pesan whatsapp yang dikirimkan harus memiliki kata-kata menarik agar pelanggan tertarik. Sebab, tidak tersedia fitur untuk mendesain pesan atau tampilan pesan tersebut, tidak seperti email marketing.

Mana yang Lebih Jitu?

Baik email marketing maupun whatsapp marketing, kedua strategi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam penggunaannya sebagai media promosi. 

Keduanya bisa menjadi alat promosi yang jitu jika diterapkan dengan baik dan benar oleh pemilik bisnis. Oleh karena itu, sebelum menerapkan strategi email dan whatsapp marketing, pastikan anda telah mengetahui tujuan dan target yang ingin dicapai.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp