fbpx

Beberapa Alasan Email Selalu Masuk Folder Spam

Mungkin kita pernah bertanya-tanya mengapa email bisa masuk kedalam folder spam, padahal email tersebut adalah email biasa, atau email-email pada umumnya yang sering anda terima.

Tentu sangat merugikan jika email yang dikirim masuk ke dalam spam, padahal email tersebut berupa penawaran atau promosi usaha yang ingin anda sampaikan kepada pelanggan. Jika hal seperti itu terjadi, tentu akan berpengaruh pada usaha yang anda jalankan. Misalnya, tidak mencapai target yang sudah direncanakan.

Karena itu, anda perlu mengetahui penyebab email tersebut masuk ke dalam spam agar strategi email marketing tidak sia-sia.

Email Ditandai sebagai Spam

Alasan paling kuat mengapa email yang anda kirim masuk ke dalam spam karena memiliki email tersebut menandai nya sebagai spam.

Mungkin email yang anda kirim tidak bermasalah dan sudah sesuai dengan data yang ada. Akan tetapi, jika penerima telah menandai nya sebagai spam, maka email yang anda kirim akan masuk ke spam. 

Meskipun hal itu diluar jangkauan anda, tapi ada cara lain agar email yang masuk ke spam bisa dibuka oleh pemiliknya. Caranya, buatlah kontan atau penawaran menarik supaya pemilik email membuka pesan yang anda kirim.

Email Tidak Diizinkan

Alasan kedua, pesan anda tidak diizinkan masuk oleh pemilik email. Anda bisa membayangkan, tiba-tiba mendapat pesan dari orang yang tidak dikenal, bisa jadi anda akan mengabaikan email tersebut dan masuk ke dalam spam.

Karena itu, lebih baik meminta izin terlebih dahulu sebelum mengirim email kepada calon pelanggan. Anda bisa menggunakan cara dengan memberikan form online untuk diisi oleh calon pelanggan.

Email Tidak Sesuai/Relevan

Pernahkah anda mendengar istilah clickbait? hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan email masuk ke spam. clickbait bisa diartikan sebagai pesan yang disampaikan tidak sesuai dengan judul email.

Bila judul email tidak sesuai dengan isi pesan, penerima akan menandainya sebagai spam karena merasa telah tertipu.

Karena itu, pastikan judul email sesuai dengan isi pesannya.

Terlalu Banyak Lampiran

Jangan salah! Email yang terlalu banyak lampiran bisa mengakibatkan pesan tersebut masuk ke dalam spam, apalagi jika terdapat virus di dalamnya.

Jika anda memang ingin mengirim banyak lampiran, coba gunakan cara lain. Misalnya menggunakan link lampiran atau Google Drive. Serta jangan lupa untuk melakukan pengecekan apakah folder tersebut terdapat virus atau tidak. 

Kesalahan Nama Pengirim

Selanjutnya, alasan lain email bisa masuk dalam spam karena ada kesalahan nama pengirim, atau nama pengirim yang tidak tepat. 

Kesalahan ini bisa terjadi karena salah input, misalnya dengan menggunakan plugin contact form. 

Cara ini bisa mengirim email secara otomatis pada data yang telah disiapkan. Namun, jika ada kesalahan nama email akan terjadi kekeliruan nama pengirim.

Itulah beberapa alasan mengapa email bisa masuk ke dalam spam. Jika anda menggunakan email marketing, hal itu tentu sangat merugikan, bukan?

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp