fbpx

Mengenal Brand Equity dan Cara Membangunnya

Brand menjadi salah satu unsur penting saat anda ingin membangun dan mengenalkan bisnis yang dibangun kepada masyarakat. Brand yang kuat bisa dengan mudah dikenal oleh masyarakat, bahkan menjadi pilihan atas kebutuhan mereka. 

Namun, banyak hal yang harus disiapkan oleh pemilik bisnis untuk membangun suatu brand atau merek yang kuat. Seperti, mampu memberi solusi dan jawaban atas kebutuhan masyarakat. Dalam mengenalkan brand, anda harus menggunakan strategi jitu agar masyarakat terut mengingat brand anda saat mereka membutuhkan sesuatu.

Selain itu, ada beberapa komposisi dalam brand yang perlu dibangun oleh pemilik bisnis. Karena itu ada istilah brand equity dalam kegiatan bisnis. Lalu apa yang dimaksud dengan brand equity dan bagaimana cara membangunannya? Berikut penjelasannya di artikel ini.

Mengenal Brand Equity

Sebenarnya istilah brand equity sudah tidak asing bagi para marketer karena hal tersebut menjadi elemen penting yang harus terus dikembangan dan dibangun dalam sebuah bisnis.

Secara umum, brand equity adalah komposisi merek seperti awareness, kepuasan pelanggan, pengalaman, hingga pendapat pelanggan tentang brand atau merek yang anda miliki. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap nilai penjualan produk anda nantinya.

Apalagi bisnis anda tidak konsisten dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggan, hingga mereka tidak lagi merekomendasikan produk yang anda miliki kepada orang lain, maka bisa dipastikan brand equity bisnis anda sangat tidak bagus.

Sebaliknya, jika brand equity bisnis anda baik dan positif, pelanggan tidak akan ragu untuk membeli dan membayar produk baru yang ditawarkan, sekalipun harganya cukup mahal. 

Cara Membangun Brand Equity yang Baik dan Positif

Agar bisnis anda tetap berjalan lancar dan mampu menarik perhatian para pelanggan dan tidak ditinggalkan. Maka anda harus membangun brand equity yang positif dan baik.

Berikut beberapa cara membangun brand equity yang positif.

  1. Buat Identitas Merek yang Jelas

Merek yang jelas dan memiliki arti filosofis yang mendalam bisa membantu brand equity bisnis anda menjadi lebih positif. Misalnya, anda membuat logo merek anda dengan filosofi yang baik, dan logo anda mulai dari warna, desain, hingga arti memiliki ciri khas tersendiri.

  1. Kembangkan Persepsi Baik tentang Merek Anda

Anda harus mengembangkan persepsi di masyarakat bahwa produk yang anda tawarkan atau brand anda adalah brand yang memiliki kualitas yang baik dan bisa menjadi solusi kebutuhan mereka. Karena itu, anda perlu melakukan analisis terhadap audiens tentang persepsi mereka terhadap merek anda,

Setelah mengetahui persepsi tersebut, maka kembangkan persepsi di masyarakat jika brand anda terlihat positif. Sebaliknya, jika persepsi masyarakat buruk terhadap brand anda, maka buatlah persepsi baru yang menonjol jika brand anda sangat positif.

  1. Buat Brand Anda lebih Menonjol dari Kompetitor

Setiap bisnis selalu memiliki kompetitor, karena itu brand yang anda bangun harus bisa menarik perhatian audiens. Salah satu caranya adalah memperlihatkan perbedaan yang paling signifikan tentang brand anda dengan kompetitor.

Tunjukan kelebihan dan keunggulan brand yang anda miliki kepada audiens dan calon pelanggan agar mereka memilih brand anda.

Itulah pengertian dan beberapa cara untuk mengembankan brand equity dalam sebuah bisnis. Anda bisa menggunakan strategi-strategi terbaik untuk membangun brand equity yang positif di mata audiens.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp