fbpx

Mengenal Istilah Buzz Marketing

Dalam suatu bisnis, aktivitas marketing menjadi hal yang sangat penting. Setiap marketer harus memiliki berbagai macam strategi yang paling jitu agar mampu mengembangkan brand yang dimilikinya. 

Salah satu strategi pemasaran yang sudah tidak asing lagi adalah buzz marketing. Hadirnya media sosial saat ini menjadi keuntungan tersendiri untuk melakukan kegiatan marketing, serta mampu menjangkau audiens yang lebih luas.

Di era yang sudah sangat canggih ini, strategi buzz marketing bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk melakukan kegiatan pemasaran. Karena itu, kita harus mengenal lebih dekat tentang buzz marketing serta mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Apa itu Buzz Marketing?

Buzz marketing bisa diartikan sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan engagement dengan cara promosi word of mouth atau mulut ke mulut. Secara umum, buzz marketing juga bisa dikatakan sebagai strategi viral marketing.

Jika disederhanakan, strategi buzz marketing adalah cara pemasaran melalui buzzer untuk memviralkan suatu brand  di media sosial. Hal itu bisa membuat orang-orang ikut membicarakan brand tersebut kepada kerabat atau teman-temannya.

Dengan cara itu, secara tidak langsung engagement produk atau jasa layanan yang dimiliki suatu perusahaan bisa dengan cepat meningkat karena banyak orang mengenal brand tersebut. 

Biasanya, cara ini bisa efektif sebagai strategi promosi untuk sebuah produk atau layanan yang baru dibangun.

Kelebihan Strategi Buzz Marketing

Strategi buzz marketing memiliki beberapa keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Dengan strategi ini, akan banyak orang membicara brand  yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, sehingga brand tersebut akan lebih cepat dikenal orang. 

Selain itu, strategi ini juga bisa membawa brand dengan jangkauan audiens yang lebih luas, dengan harga operasional yang lebih terjangkau. buzz marketing juga mampu meningkatkan penjualan serta bisa mendapatkan feedback dari pelanggan secara langsung.

Kekurangan Strategi Buzz Marketing

Walau strategi ini dibilang banyak hal menguntungkan, akan tetapi strategi ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari strategi ini adalah prosesnya yang sangat sulit dan cukup kompleks.  Sebab, memviralkan suatu brand  di media sosial tidak bisa dibilang mudah. Banyak tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi oleh seorang marketer ketika menggunakan strategi ini.

Strategi Marketing Lain

Untuk membuat brand suatu perusahaan dikenal banyak orang dan bisa viral di media sosial, buzz marketing bukanlah satu-satunya cara. 

Strategi lain yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan email marketing, SMS Blast, Whatsapp blast dan yang lainnya. 

Bagaimana cara menggunakannya?

Anda bisa menggunakan jasa layanan K1NG untuk mengoptimalkan strategi marketing brand yang anda miliki.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp