fbpx

Awas! Jangan berikan kode OTP Kepada Orang Lain

Kode OTP (one-Time Password) adalah kode rahasia yang sering dikirimkan melalui SMS, WA, atau email ketika seseorang melakukan transaksi secara online atau saat mendaftar aplikasi tertentu. Karena itulah kode ini tidak boleh diberikan kepada siapapun, termasuk orang terdekat.

Selain itu, kode OTP juga bisa menjamin keamanan akun dan transaksi yang kita lakukan. Biasanya, sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya baik itu login akun ataupun transaksi, harus memasukan kode OTP yang dikirim oleh pihak penyedia. Kode OTP sendiri terdiri dari beberapa angka atau kombinasi angka dan huruf. 

Lalu, kenapa tidak boleh memberi tahu kode OTP yang kita terima kepada orang lain? Ada beberapa alasan kuat terhadap hal itu. Apa saja? Berikut penjelasannya.

  1. Menghindari Hack Akun

Sebagaimana dijelaskan di atas, kode OTP bersifat sangat rahasia dan berfungsi untuk menjaga keamanan akun yang kita miliki. Ketika kode OTP diberikan kepada orang lain, bukan tidak mungkin akun kita bisa disalahgunakan oleh orang lain karena keamanannya telah bocor. Jadi, kode OTP yang dikirim tidak boleh diketahui oleh orang lain.

  1. Lapisan Keamanan

Kode OTP juga berfungsi sebagai lapisan keamanan saat kita akan melakukan transaksi online. Jika kode OTP yang dikirim diketahui orang lain, transaksi online yang kita lakukan bisa disalahgunakan oleh orang lain. Misalnya, kita melakukan transaksi pembelian atau melakukan transfer, maka kode OTP yang kita dapat harus disimpan dengan baik dan segera digunakan.

Cara Mengetahui Kode OTP Diambil Orang Lain

Bukan tidak mungkin kode OTP kita diambil atau disadap oleh orang lain. Hal ini tentu sangat berbahaya untuk keamanan akun dan transaksi yang kita lakukan. Karena itu, kita perlu mengetahui ciri-ciri kode OTP diambil orang lain dan cara mengatasinya.

Ada beberapa ciri kode OTP diambil oleh orang lain, seperti ada orang yang meminta kode OTP. Sudah dapat dipastikan hal tersebut bisa membawa kerugian bagi pemilik kode tersebut. Ciri yang lain adalah ketika kita mendapatkan notifikasi kode OTP baik melalui SMS, email ataupun Whatsapp padahal kita tidak sedang melakukan aktivitas login. Dapat dipastikan akun kita sedang berusaha untuk diretas.

Ada beberapa cara mengantisipasi agar kode OTP kita tidak diambil oleh orang lain, diantaranya adalah:

  • Jangan memberikan kode OTP kepada siapapun. Bahkan, jika orang yang meminta kode tersebut mengaku dari perusahaan atau pihak perusahaan yang mengirim. Bisa jadi hal itu adalah penipuan.
  • Segera ganti password dengan kombinasi yang sulit ditebak dan hanya kita yang mengetahui jika ada yang berusaha login ke akun kita.
  • Segera melaporkan hal tersebut ke pihak perusahaan yang mengirim kode OTP tersebut. Misalnya, ada yang mencoba meretas akun media sosial yang kita miliki. Maka segera melaporkan hal itu kepada pihak media sosial yang bersangkutan.

Demikianlah informasi penting mengenai kode OTP yang tidak boleh kita berikan kepada orang lain. Yuk, sama-sama kita jaga keamanan akun dengan tetap berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Produk & Layanan

SMS Masking

SMS Long Number

SMS LBA (Location Based Advertising)

SMS Blast / Broadcast

WhatsApp Blast

Email Marketing Solution

PT RAJA SURYADARMA MULTIMEDIA berkomitmen memberikan Layanan Teknologi
yang Secure, sehingga kami telah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk Information Security Management.

Butuh bantuan? Hubungi kami via WhatsApp